Manfaatkan Uang THR Anda

oleh
selamat-hari-raya-idul-fitri
selamat-hari-raya-idul-fitri

YDPROPERTY.com |  Hari Raya Idul Fitri sudah tinggal 2 hari lagi. Dan di hari-hari seperti ini salah satu momen yang ditunggu-tunggu para karyawan tentunya hadirnya uang Tunjangan Hari Raya (THR).

Tahukah Anda bahwa ada cara yang lebih bijak untuk memaksimalkan penggunaan dana THR tersebut seperti untuk keperluan yang sifatnya produktif atau bahkan investasi di masa depan. Simak beberapa cara cerdas yang bisa dilakukan dengan uang THR Anda berikut ini.

  1. Sisihkan Kewajiban Lebaran

Salah satu hal yang wajib Anda dahulukan ketika menyambut datangnya hari raya adalah berikan sebagian THR Anda kepada yang berhak mendapatkannya.

  1. Bayar Pinjaman

Jika Anda memiliki pinjaman, memanfaatkan THR untuk meringankan beban pinjaman seperti kartu kredit atau pinjaman perorangan. Meskipun konsekuensinya dana THR Anda jadi berkurang namun dengan membayar pinjaman akan meringankan kondisi keuangan Anda selanjutnya.

  1. Investasi

Lewat dana THR Anda juga bisa memulai atau mengembangkan investasi impian Anda.

  1. THR untuk Pekerja di Rumah

Apabila ada beberapa orang yang bekerja di rumah, saat menerima THR Anda juga bisa memberikan bingkisan yang berkesan untuk mereka.

  1. Buat Dekorasi Rumah di hari Lebaran

Sisihkan sebagian uang THR untuk mendekorasi rumah dihari lebaran atau apapun yang bisa membuat rumah Anda tampak lebih cantik. Sebaiknya atur prioritas, pastikan Anda tidak menggunakan seluruh dana THR.

  1. Akomodasi dan Konsumsi Selama Hari Raya Idul Fitri

Bagi Anda yang mudik bersama keluarga, sisihkan dana ini untuk biaya akomodasi dan konsumsi selama perjalanan hari raya. Tidak ada salahnya nikmati perjalanan mudik dengan keluarga tercinta dengan menyisihkan uang THR Anda.

  1. Jadikan DP Rumah

Atau jika belum punya rumah, Anda bisa memanfaatkan dana THR ini sebagai uang muka atau DP rumah.  Begini caranya :

Rumah merupakan kebutuhan primer bagi setiap manusia, menjelang lebaran biasanya seorang pekerja diberikan THR (Tunjangan Hari Raya) setiap tahunnya dengan minimum masa kerja tiga bulan atau lebih secara terus menerus.

Mungkinkah THR ini dapat dijadikan down payment (DP) sebuah rumah? Pertama, perhatikan apakah ada kebutuhan ekstra menjelang hari raya, jika ada sisihkan dahulu THR Anda untuk kebutuhan tersebut.

Dalam transaksi rumah, konsumen tidak harus langsung membayar uang muka (DP) dalam jumlah besar, bisa hanya dengan memberikan tanda jadi, misalnya sebesar Rp5 juta.

Bahkan, beberapa developer memiliki program angsuran DP yang bisa dicicil tiga hingga 6 kali,  tergantung kebijakan dari developer dan tipe rumah yang dipilih.

Perhatikan juga kemampuan Anda dalam mencicil sebuah rumah. Bila menggunakan KPR, biasanya sebesar 30% dari penghasilan bulanan Anda akan digunakan untuk membayar angsuran.

Bila keinginan memiliki rumah sangat besar, maka perayaan Lebaran sebaiknya tidak memakan banyak biaya. Terlebih rumah merupakan kebutuhan primer sehingga harus diprioritaskan ketimbang kebutuhan lainnya.

Semoga THR Anda tahun ini lebih berkesan.

 

Dalam kesempatan ini tidak lupa kami :

Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri

Mohon Maaf Lahir & Batin

 

Tinggalkan Balasan